DETERMINANSI ANGGARAN PENDIDIAN, KESEHATAN DAN INFRASTRUKTUR JALAN TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI KABUPATEN HALMAHERA BARAT

Abjan Unkhair

Sari


Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruhanggaran pendidikan terhadap Kesejahteraan Masyarakat di Kabupaten Halmahera Barat; Untuk menganalisis pengaruh anggaran kesehatan terhadap Kesejahteraan Masyarakat di Kabupaten Halmahera Barat; Untuk menganalisis pengaruh anggaran infrastruktur jalan terhadap Kesejahteraan Masyarakat di Kabupaten Halmahera Barat; dan Untuk menganalisis pengaruh tidak langsung anggaran pendidikan,kesehatan dan infrastruktur jalan terhadap Kesejahteraan Masyarakat, melaui pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Halmahera Barat. Penelitian ini menggunakan data sekunder.
Metode analisi yang digunakan adalah analisis path analysis (analisis jalur atau lintasan). Tujuan path analysis, menerangkan akibat langsung dan tidak langsung seperangkat variabel, sebagai variabel penyebab, terhadap variabel lainnya, merupakan variabel akibat. Variabel yang digunakan diantaranya (X1) anggaran sektor pendidikan; (X2) anggaran sektor kesehatan; (X3) anggaran sektor infrastruktur jalan; (Y1) pertumbuhan ekonomi dan; (Y2) kesejahteraan masyarakat (IMP).
Hasil Penelitian menunjukan bahwa model 1, Pengaruh tidak langsung anggaran pendidikan (X1) terhadap (Y2) IPM melalui (Y1) pertumbuhan ekonomi, menunjukkan pengaruh positif yang ditunjukkan dengan nilai regresin varible 0,647%. Pengaruh langsung anggaran pendidikan (X1) terhadap IPM (Y2) sebsar 0,498%. Artinya ketika pemerintah Kabupaten Halmahera Barat meningkatkan anggaran pendidikan sebesar 1%, akan berdampak pada perbaikan kesejahteraan masyarakat (IPM) sebesar 4,98%. Model 2, Pengaruh tidak langsung anggaran kesehatan (X2) terhadap (Y2) IPM melalui (Y1) pertumbuhan ekonomi, menunjukkan pengaruh positif yang ditunjukkan dengan nilai regresin varible 0,284%. Pengaruh langsung (X2) terhadap (Y2) sebsar 0,186%. Model 3, Pengaruh tidak langsung (X3) terhadap (Y2) melalui (Y1), menunjukkan pengaruh positif yang ditunjukkan dengan nilai regresin varible 0,048%. Pengaruh langsung (X3) terhadap (Y2) sebsar 0,252%. Artinya ketika pemerintah Kabupaten Halmahera Barat menaikan anggaran infrastruktur jalan sebesar 1%, akan dapat memberikan kontribusi terhadap perbaikan kesejahteraan masyarakat (IPM) Kabupaten Halmahera Barat secara langsung dan tidak langsung masing-masing sebesar 2,84%.dan 2,52%. Model 4, Pengaruh langsung (Y1) terhadap (Y2),dengan nilai regresin varible 0,930%. Artinya ketika pertumbuhan ekonomi meningkat sebesar 1%, akan dapat meningkatkan IPM di Kabupaten Halamhera Barat sebesar 9,30%.

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.