PENGARUH PENGETAHUAN ANGGOTA DPRD TERHADAP PENGAWASAN APBD DENGAN PARTISIPASI MASYARAKAT, DAN TRANSPARANSI KEBIJAKAN PUBLIK SEBAGAI VARIABEL MODERASI (STUDI PADA DPRD KOTA TERNATE DAN DPRD KOTA TIDORE KEPULAUAN)

Abubakar Assagaf

Sari


Abubakar Assagaf. 2014. pengaruh pengetahuan anggota DPRD terhadap pengawasan APBD dengan partisipasi masyarakat, dan transparansi kebijakan publik sebagai variabel moderasi (studi pada DPRD Kota yaitu Kota Ternate dan Kota Tidore Kepulauan) dengan ketua komisi pembimbing Abdul Hadi Sirat dan anggota komisi pembimbing Irfan Zam Zam.

 

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis besaran pengaruh variabel pengetahuan dewan tentang anggaran (X1) terhadap pengawasan keuangan daerah (Y) serta menguji faktor moderasi partisipasi masyarakat (X2) dan transparansi kebijakan publik (X3). Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 90 responden. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana untuk menguji hipotesis I, sedangkan pada hipotesis II dan III menggunakan analisis regresi moderasi.

 Hasil penelitian menunjukan bahwa pengetahuan dewan tentang anggaran (X1) berpengaruh signifikan terhadap pengawasan keuangan daerah (Y). Hipotesis II menunjukan bahwa variabel pengetahuan dewan tentang anggaran (X1) dan partisipasi masyarakat (X2) memiliki hubungan negatif tidak signifikan, sementara variabel moderasi PD*PM memiliki hubungan positif namun tidak signifikan. Hipotesis III menunjukan bahwa variabel pengetahuan dewan (X1) tentang anggaran dan transparansi kebijakan publik (X3) memiliki hubungan positif namun tidak signifikan, sementara, variabel moderasi PD*TKP memiliki hubungan negatif tidak signifikan.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.